Pj Bupati Tandai Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Balai Desa Jombang

Sabtu, 19 Oktober 2024 11:30 WIB
Reporter : Redaksi

 

 

JOMBANG, Abdirakyat.com – Pemerintah Kabupaten Jombang akan membangun Kantor Balai Desa Jombang yang baru, di Jl. Abdul Rahman Saleh No. 35 Dusun Jombangkrajan, Desa/Kecamatan Jombang.

Dalam pembangunan ini, Pj Bupati Jombang Dr. Drs. Teguh Narutomo M.M menandai dengan Peletakan Batu Pertama, pada Jumat (18/10/2024) pagi.

Hadir mendampingi Pj Bupati Jombang, diantaranya: Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jombang, Camat Jombang dan Forkopimcam, Kepala Desa Jombang, Tokoh Masyarakat dan tokoh Agama setempat.

Pj Bupati Jombang, Teguh Narutomo dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur, karena dapat membersamai perangkat Desa Jombang, Kecamatan Jombang dalam rangka peletakan batu pertama pembangunan Kantor Desa Jombang.

“Pembangunan kantor desa ini tidak hanya berfokus pada perbaikan fisik semata, tetapi bertujuan lebih luas sebagai pusat kegiatan yang akan menjadi tempat untuk mencari solusi atas berbagai tantangan pembangunan dan pelayanan masyarakat. Baik dalam bidang administrasi, maupun permasalahan lainnya yang dihadapi oleh warga desa,”terangnya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 tahun 2024, Kepala Desa bertugas menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, serta pemberdayaan masyarakat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Oleh karena itu, Pj Bupati Jombang berpesan kepada Kepala Desa, agar melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksinya (tugas pokok dan fungsi) serta tidak menyimpang dari aturan yang berlaku. Sebab, Kepala Desa adalah orang yang paling bertanggung jawab atas segala urusan di desa, sehingga sangat penting untuk menjaga integritas dan ketaatan terhadap hukum.

“Manfaatkan Dana Desa (DD) secara bijak, karena jika pengelolaannya tidak tepat, masalah administrasi dapat berujung pada persoalan hukum. Oleh karena itu, saya juga mendorong kepala desa untuk banyak berkonsultasi dengan pihak-pihak terkait, jangan melenceng dari tugas yang telah diamanatkan,”katanya.

Menurutnya, Kepala Desa juga memiliki wewenang untuk membina ketenteraman dan ketertiban di tengah masyarakat desa. Dalam konteks ini, Teguh Narutomo menghimbau agar seluruh aparatur desa tidak terlibat dalam politik praktis ataupun kampanye pilkada.

“Jaga netralitas dan pastikan suasana di Desa Jombang tetap kondusif. Semoga Pilkada 2024 dapat berlangsung dengan lancar, aman, dan damai,”ucap Teguh Narutomo.

Lebih lanjut, Pj Bupati Jombang mengajak seluruh perangkat desa untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam mengatasi isu-isu strategis yang saat ini menjadi perhatian, seperti pengentasan kemiskinan ekstrem, penurunan angka stunting dan pengendalian inflasi. Karena perubahan besar selalu dimulai dari lingkup terkecil, yaitu desa.

“Kami ingin, agar pemberdayaan di desa ini lebih digalakkan lagi. Program-program seperti PKK Desa, karang taruna, serta gerakan-gerakan lainnya perlu dioptimalkan untuk menggerakkan seluruh aspek kehidupan masyarakat, sehingga tercipta desa Jombang yang maju dan mandiri,”imbuhnya.

Teguh Narutomo mengaku percaya, bahwa kebijakan yang pro terhadap pembangunan pemerintah desa, dapat menjadi inspirasi dan triger Desa Jombang untuk semakin maju.

“Saya akan diskusikan dengan pihak terkait, untuk memberi keberpihakan agar desa Jombang bisa menjadi ikon Jombang. Saya bercita cita Desa Jombang, Kecamatan/Kabupaten Jombang, ini bisa jadi titik Nol Kilometer Jombang,”tuturnya.

Pj Bupati Jombang juga berharap, agar kantor desa ini dapat segera terbangun dengan baik, lancar, dan menjadi sumber semangat bagi perangkat desa dalam menjalankan tugas melayani masyarakat.

Sebagai informasi, bahwa Balai Desa Jombang sebelumnya berada di Jl Seroja, Desa Jombang. Lokasinya yang kurang representatif akhirnya kini dibangun di lokasi yang baru, berada di Jl. Abdul Rahman Saleh No. 35 Dsn. Jombangkrajan, Desa Jombang. (red)

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi