Pencuri Kotak Amal Masjid di Sumobito Jombang Dimassa Warga, Selengkapnya Baca Ini

Selasa, 5 April 2022 14:33 WIB
Reporter : Redaksi

 

 

JOMBANG, Abdirakyat.com – Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan juga ampunan bagi umat islam.

Tentunya, pada momen Bulan Ramadan seperti ini, banyak orang menyempatkan diri untuk menanamkan ladang amal dan ibadah kepada Allah SWT.

Namun berbeda dengan Pria berinisial SH (37), bukannya melakukan kebaikan pada Bulan Ramadan, justru melakukan aksi pencurian kotak amal di sebuah Masjid yang terletak di Dusun Babut, Desa Plemahan, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Akibatnya, SH yang diketahui warga Desa Gading, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto tersebut kepergok dan dihajar massa setelah aksinya ketahuan oleh warga, pada Selasa (5/4/2022).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sinergipapers.com dari jurnaljatim.com disebutkan, bahwa peristiwa pencurian itu terjadi sekitar jam 09.00 WIB, saat warga sedang menjalankan Ibadah Puasa Ramadan.

Kepala Dusun Babut, Asad Umar mengatakan, sebelum melakukan aksi pencurian, pelaku saat itu sendirian dan diketahui warga sedang mondar-mandir di parkiran Masjid Babussalam, Dusun Babut, Desa Plemahan.

“Pelaku saat itu memarkir sepeda anginnya di halaman Masjid, lalu masuk kedalam dan mengambil kotak amal yang berada didalam Masjid,”katanya.

Asad Umar menjelaskan, setelah mendapatkan kotak amal, kemudian dibawa ke sebelah pembatas Masjid lalu dicongkel. Setelah berhasil, SH keluar Masjid dan membawa uang yang jumlahnya kurang lebih Rp200.000.

“Pada saat pelaku keluar dari Masjid membawa uang kotak amal, dipergoki warga dan kemudian ramai-ramai mengejar pelaku yang saat itu sedang kabur,”jelasnya.

Tidak sampai disitu, lengejaran warga pun terus berlanjut, hingga akhirnya Pria asal Mojokerto tersebut berhasil ditangkap warga di areal persawahan desa setempat.

Warga yang geram melihat aksinya, secara ramai-ramai langsung menghajar hingga wajah dan sejumlah tubuhnya mengalami luka lebam. Setelah itu Pria diserahkan ke polisi.

“Orangnya (pelaku) kita tangkap di areal persawahan, Dusun Mojodadi, Desa Plemahan,”ujar Wahyudi, salah satu warga setempat yang ikut menangkap pelaku.

Selanjutnya, petugas kepolisian dan TNI yang berada di TKP langsung mengamankan pelaku dari amukan massa dan membawa ke Polsek Sumobito.

Dari penangkapan pelaku, petugas mengamankan barang bukti kotak amal, serta uang sejumlah Rp200.000.

Atas perbuatannya tersebut, terduga pelaku terancam jeratan Pasal 363 ayat (1) ke 3 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan atau curat. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi