Perhutani KPH Jombang Bersama Pengurus Ponpes Segoro Agung Adakan Musyawarah Penanaman Buah

Selasa, 8 Februari 2022 08:11 WIB
Reporter : Redaksi

 

JOMBANG, Abdirakyat.com – Perhutani KPH Jombang, mengadakan musyawarah bersama Ponpes Segoro Agung dan LMDH Sumber Urip di RPH Gedangan, BKPH Gedangan, KPH Jombang. Selasa, (08/02/2022).

Pada musyawarah itu, dilakukan pembahasan perihal rencana kegiatan penanaman bersama di lokasi Kawasan Perlindungan setempat, wilayah RPH Gedangan, BKPH KPH Jombang.

Kegiatan itu nanti akan dihadiri oleh Forkopimda Jombang, Perhutani, Yayasan Ponpes Segoro Agung, anggota LMDH Sumber Urip dan masyarakat sekitar hutan RPH Gedangan.

Administratur KPH Jombang, Muklisin di tempat terpisah mengatakan, bahwa musyawarah ini adalah rencana kegiatan penanaman bersama Yayasan Segoro Agung dan menindak lanjuti MoU (Memorandum Of Understanding), yang sudah ditanda tangani bersama dengan Pendiri Yayasan tersebut.

“Penandatanganan sudah dilakukan pada tanggal 29 Desember 2021 lalu, yang bertempat di Kantor Perum Perhutani, yaitu dengan obyek kerjasama pembangunan kehutanan di Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) dan Pelestarian Sumber Mata Air Wilayah BKPH Jabung dan Gedangan KPH Jombang,”terangnya.

Sementara itu, Pendiri Yayasan Ponpes Segoro Agung, Bimo Agus Sunarno dalam keterangannya menyampaikan, bahwa untuk jenis tanaman rencananya adalah buah-buahan. 

 

 

 

 

 

 

Menurutnya, tanaman tersebut rencananya akan ditanam dilokasi KPS, maupun sumber mata air. Diantaranya adalah, buah Alpukat, Nangka, Mangga, Kurma, Jambu, Klengkeng, Durian, Matoa, Jeruk dan masih ada jenis yang lainnya.

“Tujuan penanaman bersama dengan Perhutani KPH Jombang, adalah dalam rangka menjalin sinergitas antara Yayasan Ponpes Segoro Agung dengan Perhutan. Yaitu untuk saling menjaga hutan, khususnya di wilayah KPS dan sumber mata air,”katanya.

Bimo berharap, dengan penanaman yang dilakukan itu, agar tidak terjadi banjir, tanah longsor dan kalau musim kemarau tidak terjadi kekeringan (kekurangan air).

“Kedepan tanaman buah-buahan yang kita tanam bersama ini, bisa menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat sekitar hutan yang tergabung di LMDH Sumber Urip,”ujarnya.

Sokib, selaku Ketua LMDH Sumber Urip mengucapkan terima kasih kepada Perhutani KPH Jombang, yang sudah melakukan MoU dengan Yayasan Ponpes Segoro Agung, yaitu tentang pemanfaatan dan perlindungan Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) dan pelestarian sumber mata air.

“Semoga dengan MoU antara Perhutani dengan Yayasan Ponpes Segoro Agung, ini bisa terwujud, yaitu“Hutan Lestari Banyune Ajeg Mili dan Rakyat Makmur, “tegasnya. (rd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi