Sukses Puncak Acara Kenduren Durian Wonosalam Tahun 2023

Selasa, 7 Maret 2023 13:56 WIB
Reporter : Redaksi

 

 

JOMBANG, Abdirakyat.com – Event tahunan Kabupaten Jombang KenDuren Durian Wonosalam 2023 yang digelar di Lapangan Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur pada Minggu (5/3/2023) berlangsung sukses, tertib dan menyedot puluhan ribu masyarakat.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyebut Wonosalam adalah satu satunya Kecamatan di Kabupaten Jombang yang secara geografis memiliki potensi wisata meliputi sektor alam, perkebunan dan peternakan sebagai unggulan daerah. Setelah vakum tidak ada Kenduren Durian karena pandemi Covid 19 serta hasil panen yang juga tidak seberapa banyak, tahun 2023 ini hasil panen durian sangat bagus.

Bupati Mundjidah Wahab mengaku bersyukur dan bangga atas antusias masyarakat, juga pelaksanaan KenDuren Durian yang diawali dengan kirab 9 tumpeng hasil bumi dari 9 Desa di Kecamatan Wonosalam, hingga andum durian 2023 tahun ini berjalan lancar jauh lebih tertib dan semarak.

Agenda kenDuren Wonosalam Jombang dengan ciri khasnya pesta makan durian berbentuk gunungan tumpeng adalah sudah menjadi icon wisata Wonosalam dan mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

“Semoga kegiatan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat Kabupaten Jombang khususnya Wonosalam atas limpahan Rahmat dan Barokah dari Alloh SWT, terutama hasil panen durian juga hasil bumi lainnya ini, agar kita terus diberikan kesehatan, keselamatan dan limpahan rezeki yang halal dan barokah dijauhkan dari segala bala’ bencana,”tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab juga berharap kegiatan yang menjadi ikon Kabupaten Jombang ini terus berkembang menjadi ikon Provinsi Jawa Timur hingga Nasional.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada seluruh panitia, masyarakat dan stakeholder yang mendukung suksesnya acara ini yang sangat luar bias, mulai dari kirab sampai doa masyarakat mengikuti dengan khidmat dan tertib, membagi durian dengan baik,”pungkas Bupati Mundjidah Wahab.

Pada kesempatan tersebut Bupati Mundjidah Wahab juga menyerahkan apresiasi sekaligus hadiah kepada juara Kontes Durian. Diantaranya Juara I, jenis Durian Lambang atas nama Candra dari Wonosalam; Juara II, jenis Durian Sangking atas nama Ibu Sulastri dan Juara III, jenis durian Badak atas nama Leksi dari Desa Jarak. Bupati juga menyerahkan Thropy bergilir Kepala Desa Wonosalam Samuki.

Juara Kirab Tumpeng diraih oleh, Juara 1 Desa Sumberejo; Juara II Desa Wonosalam dan Juara III Desa Galengdowo.

Hadir pada acara tersebut Perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Masruroh,S.Sos, M.AB (Direktur Pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran); Gubernur Jawa Timur diwakili Drs. Benny Sampirwanto. Msi, Asisten 1 Sekda Provinsi Jawa Timur Wakil Bupati Jombang, beserta Forkopimda Jombang; Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang, Staf Ahli Bupati, Asisten, dan seluruh kepala OPD yang hadir; seluruh masyarakat Kecamatan Wonosalam. (rd)

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi