Ketua AKD Jombang H Warsubi Hadiri Pagelaran Wayang Kulit di Desa Purisemanding

Selasa, 1 Agustus 2023 09:02 WIB
Reporter : Redaksi

 

JOMBANG, Abdirakyat.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Purisemanding, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur menyelenggarakan pagelaran wayang kulit, di Lapangan Desa setempat, Senin, (31/07/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh ribuan penonton, baik itu dari warga sekitar, maupun dari luar wilayah untuk menikmati sajian hiburan gratis.

Pagelaran wayang kulit, ini merupakan acara sedekah desa dan tasyakuran, atas tiga tahun kepemimpinan Kepala Desa Purisemanding, Nurbata.

Dengan Ki Dalang Purbo Asmoro dari Jawa Tengah, yaitu tampil dengan “lakon Sesaji Rojo Suya” yang menghibur ribuan penonton.

Karawitan Mayangkoro pun mengiringi pertunjukan dengan mahir, sementara lawak Cak Yudho Cs dan bintang tamu artis ternama, Dik Minthul Woko Chanel, turut memukau penonton.

Acara ini turut dihadiri oleh beberapa tokoh dan pejabat, termasuk Camat Plandaan Suparno SH, Ketua AKD Kabupaten Jombang H Warsubi, Danramil beserta anggota, Kapolsek beserta anggota, Kepala Desa se Kabupaten Jombang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, RT, RW, Babinsa, Babinkamtibmas, BPD, dan panitia penyelenggara juga turut hadir.

Kepala Desa Purisemanding, Nurbata SE dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang hadir untuk mensukseskan dalam acara pagelaran wayang kulit di desanya.

“Kami sampaikan terimakasih kepada semua pihak dan khususnya warga masyarakat Desa Purisemanding, atas dukungan dalam mensukseskan acara sedekah desa ini,”terangnya.

Nurbata berharap, agar sedekah desa dan uri-uri budaya leluhur perlu dilestarikan, agar dapat mengenang dan arwah leluhur dapat diterima di sisi-Nya.

“Kami berharap, melalui pagelaran wayang kulit ini dapat menjadi sumber inspirasi dan edukasi bagi masyarakat untuk mengambil nilai-nilai filosofi yang luhur dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,”katanya.

Ditempat yang sama, Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Jombang, H Warsubi sangat mengapresiasi kegiatan sedekah desa dalam tiga tahun kepemimpinan Kepala Desa Purisemanding, yakni Nurbata.

“Kami berharap, dengan terselenggaranya sedekah desa dan uri uri budaya tahun ini, warga masyarakat Desa Purisemanding dapat terhindar dari bencana, hasil panen melimpah dan menjadi contoh desa yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur bagi desa-desa lainnya,”ungkapnya.

Lebih lanjut, H Warsubi berharap, melalui pagelaran wayang kulit ini dapat menjadi sumber inspirasi dan edukasi bagi masyarakat, untuk mengambil nilai-nilai filosofi yang luhur dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

”Kami berharap, dengan adanya pagelaran wayang kulit ini menjadi pemacu dan penambah semangat kita bersama, untuk terus menumbuhkan rasa bangga dengan budaya sendiri dan tetap berkomitmen untuk melestarikan, serta menanamkan rasa nasionalisme bagi generasi penerus bangsa,”harapnya. (yt/rd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi