Lestarikan Budaya, Warga Dusun Dander Manduro Kabuh Jombang Gelar Sedekah Bumi

Senin, 1 Juli 2024 06:43 WIB
Reporter : Redaksi

 

JOMBANG, Abdirakyat.com – Tradisi budaya, sedekah bumi merupakan salah satu ritual yang telah menjadi bagian dari budaya masyarakat di Indonesia, terutama di Pulau Jawa.

Di antara tradisi ini, masyarakat Dusun Dander, Desa Manduro, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur menggelar sedekah bumi di dusun setempat.

Sedekah bumi, adalah sebuah acara selamatan atau upacara adat yang selalu diadakan setiap tahun oleh masyarakat Jawa. Acara ini juga merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas hasil panen yang telah diperoleh.

Pada sedekah bumi kali ini, masyarakat Dusun Dander mempersiapkan berbagai perlengkapan, seperti nasi tumpeng, kue, buah-buahan, dan beragam hidangan lainnya.

Kegiatan sedekah bumi kali ini tidak hanya sekadar acara selamatan dan ucapan syukur. Namun, masyarakat Dusun Dander, juga melaksanakan berbagai kegiatan yang beragam, seperti Doa Bersama, musik hiburan dangdut.

Acara sedekah bumi di Dusun Dander, ini bukanlah acara yang dibiayai secara penuh oleh pemerintah atau pihak tertentu.

Namun, acara ini murni berkat kerja sama dan gotong royong dari seluruh masyarakat Dusun Dander. Semua persiapan dan biaya dihimpun melalui patungan warga dan sumbangan dari donatur.

Kepala Desa Manduro, Jamilun mengaku bangga atas suksesnya rangkaian acara sedekah bumi di desanya. Selain menjadi ungkapan syukur kepada Tuhan, acara ini juga memberikan dampak positif bagi masyarakat Dusun Dander.

“Dengan adanya tradisi tasyakuran sedekah bumi ini, diharapkan budaya kita semakin dikenal dan terus dilestarikan setiap tahunnya,”katanya.

Jamilun menambahkan, hadirnya semangat gotong royong dan kebersamaan dalam acara sedekah bumi di Dusun Dander, Desa Manduro, ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi daerah lain.

“Inspirasi ini bertujuan untuk melestarikan budaya dan menggalakkan tradisi positif dalam menyambut momen-momen penting,”pungkas Kepala Desa Manduro, Jamilun. (yt)

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi