Perum Perhutani KPH Jombang Gelar Operasi Gabungan Illegal Logging di Plandaan

Sabtu, 7 Agustus 2021 12:30 WIB
Reporter : Redaksi

 

JOMBANG, Abdirakyat.com – Kasus pembalakan liar (Illegal logging) masih terjadi di Kabupaten Jombang. Salah satunya yakni di RPH Pojok, Dusun Brangkal, Desa Jipurapah, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Tim yang terdiri dari Regu Polisi Hutan Mobil (Polhutmob) KPH Jombang, Jajaran Polhut Terutorial BKPH, Perangkat Desa melaksanakan Operasi Gabungan. Jum’at, (06/8/2021).

Dari operasi gabungan, anggota berhasil mengamankan kayu Sono dan Jati Glondong sebanyak 58 batang berbagai ukuran, yang disembunyikan di kebun kosong pinggir sungai/dibawah semak-semak pisang dan ditutupi daun pisang (klaras).

Administratur Perhutani KPH Jombang, Muklisin menjelaskan, bahwa pihaknya segera memerintahkan kepada seluruh jajarannya melalui via telepon untuk pemberantasan ilegal loging.

“Dari hasil penyelidikan dan pengembangan, akan ada truc yang rencananya mau muat kayu Sono yang sudah mereka amati dari pagi, akan tetapi tidak jadi dimuat. Setelah itu tim Polhutmob KPH Jombang, beserta Jajaran Polhut Terutorial BKPH dan Perangkat Desa berhasil mengamankan barang bukti Kayu Sono dan Kayu Jati,”ungkapnya. 

 

Menurut Muklisin, barang bukti yang berhasil di amankan yakni berupa ; Kayu sono : 54 batang = 2.47 M3 dan Kayu Jati : 4 batang = 0,1484 M3 dengan total keseluruhan sebanyak : 58 batang = 2.6184 M³.

“Terdapat jenis kayu sono dan jati berbagai ukuran. Dari bekas dan fisik kayu ada 2 fersi, yakni dari bekas pencurian baru dan memungut SP/Pucukan yang sudah lama tinggal galihnya. Sedangkan untuk barang buktinya saat ini kita amankan di TPK Ploso. Kemudian untuk pengembangan pelaku ilegal loging, saat ini masih ditindak lanjuti penyelidikan oleh Pihak Kepolisian ( Polsek Pelandaan),”tutur Administratur Perhutani KPH Jombang, Muklisin. (ry/st/adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi