Upacara Peringatan HUT RI ke-76, Bupati Tuban : Kemerdekaan Indonesia Bukan Berasal Dari Kaum Imperialis

Selasa, 17 Agustus 2021 23:50 WIB
Reporter : Redaksi

 

TUBAN, Abdirakyat.com – Rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI, di Pemkab Tuban diawali dengan penyerahan Bendera Pusaka Merah Putih dan duplikasinya oleh Bupati Tuban, bersama anggota Forkopimda kepada Paskibraka Kabupaten Tuban di Rumah Dinas Bupati Tuban, Komplek Pendopo Krido Manunggal, Selasa (17/08/2021). Selanjutnya, diselenggarakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di halaman kantor Pemkab Tuban, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Tampak hadir pada kegiatan itu, Wabup Tuban, H. Riyadi, SH., Sekda Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si, beberapa pimpinan OPD dan pegawai Pemkab Tuban. Upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI juga dilakukan secara virtual dan diikuti seluruh OPD dan Kecamatan se Kabupaten Tuban.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., menyampaikan tema peringatan HUT RI tahun 2021, yakni Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Tema tersebut dikandung maksud agar bangsa Indonesia, termasuk untuk masyarakat Kabupaten Tuban, diharapkan tetap tangguh menghadapi semua cobaan dan secara perlahan-lahan mampu tumbuh untuk menjadi lebih baik.

“Dengan tetap semangat menyongsong masa depan meski di tengah pandemi Covid-19,”tulisnya.

Bupati menyatakan, bahwa ini adalah sebagai bentuk awal dan penghargaan atas nilai-nilai perjuangan pahlawan Kusuma Bangsa. Kemerdekaan Indonesia bukan berasal dari kaum imperialis, melainkan berkah dan rahmat Allah SWT yang ditebus dengan tetesan darah dan jiwa pahlawan. Karena, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawan dan pendahulunya.

Sebagai generasi penerus bangsa, lanjut Mas Bupati, mengapresiasi kemerdekaan dengan memberikan sumbangsih kepada bangsa Indonesia, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Tuban.

Era globalisasi menjadi tantangan untuk bersaing di berbagai sektor dengan potensi diri dan tanah kelahiran. Inovasi kunci menjadi agar dapat bersaing pada skala regional, nasional, bahkan internasional.

“Inovasi pengetahuan tersebut mencakup bidang ilmu dan teknologi, pelayanan publik, maupun bidang lainnya,”sambungnya.

Bupati juga menghimbau kepada masyarakat, untuk selalu mengingat jasa pahlawan dengan mengisi kemerdekaan berkegiatan positif. Juga memperkuat persatuan dan kesatuan guna memperkokoh NKRI. Tidak hanya itu, tingkatkan etos kerja, bekerja, bekerja secara profesional dan berintegritas. Juga terus mengembangkan potensi diri.

“Selamat atas HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Merdeka,”tegasnya.

Usai melakukan Upacara Bendera, Bupati Tuban bersama Wabup dan Forkopimda Kabupaten Tuban Mengikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-76 yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo secara virtual di Pendopo Krido Manunggal. Kegiatan ini juga diikuti jajaran perwira Kodim 0811/Tuban dan Polres Tuban, Kepala OPD serta Paskibraka Kabupaten Tuban tahun 2021.

Selanjutnya, dilangsungkan Resepsi Kenegaraan yang dihadiri oleh anggota DPR RI Komisi VII, Dra. Hj. Haeny Relawati RW, M.Si. Serta tokoh veteran, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda. Pada kesempatan ini diberikan tali asih kepada veteran dan bantuan alat kepada pelaku UMKM.

Sehari sebelumnya juga dilaksanakan rangkaian pendukung peringatan HUT Ke-76 RI, seperti pengukuhan anggota Paskibraka, malam tirakatan dan doa bersama serta apel kehormatan dan renungan suci di TMP Ronggolawe Tuban.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan upacara penurunan bendera yang dilaksanakan secara virtual mengikuti dari Istana Merdeka diikuti Bupati dan Wabup dan Forkopimda. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi