Warga Dusun Kayangan Diwek, Keluhkan Pembuangan Limbah B3

Sabtu, 21 Agustus 2021 13:40 WIB
Reporter : Redaksi

 

JOMBANG, Abdirakyat.com – Demi meraup untuk keuntungan pribadi, lantas tidak peduli akan dampak kesehatan dan juga lingkungan, seorang Oknum tidak bertanggung jawab membuang limbah padat B3 di sembarang tempat.

Limbah tersebut, berupa abu sisa pembakaran yang berwarna hitam pekat dan lembut seperti debu, serta mudah berterbangan kemana-mana jika tertiup angin.

Mila (33), salah satu warga Dusun/Desa Kayangan, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang menuturkan, semula pada Rabu, (18/8/2021) ada sebuah truk pengangkut limbah tanpa memikirkan dampaknya membuang limbah di area lingkungan rumahnya.

“Jarak antara tempat pembuangan limbah dengan rumah saya hanya sekitar kurang lebih 4 meter,”ujarnya kepada media. Sabtu, (21/8/2021).

Menurutnya, limbah yang dibuang dengan jarak paling dekat dari rumahnya itu tanpa adanya koordinasi dan hanya dibuang begitu saja oleh oknum yang tidak bertanggung jawab itu.

“Kemarin limbah itu tanpa sepengetahuan saya dan sudah dibuang di situ. Apalagi saya punya anak masih kecil-kecil, jadi kita khawatir mereka terganggu dengan adanya limbah itu. Di samping itu, kalau tertiup angin debu limbah itu bisa kemana-mana dan semua jadi kotor. Apalagi jarak dengan rumah saya cuma beberapa meter, pastinya itu sangat mengganggu sekali,”tuturnya. 

 

Lebih lanjut, Mila mengatakan, dari informasi yang di dapatkan dari Sopir truk, bahwa ia disuruh oleh pihak yang punya sawah dan limbah tersebut rencananya akan di buat pupuk oleh pemilik sawah.

“Sopir truk itu mengatakan, jika dia disuruh oleh pemilik sawah yang ada di depan rumah saya untuk di jadikan pupuk. Tapi cara menempatkan tidak sembarangan seperti ini kan dan ini sangat membahayakan lingkungan,”lanjutnya.

Mila menyebut, jika ia sudah melaporkan adanya pembuangan limbah sembarangan itu kepada Asikin, selaku ketua RT dan ia akan tindak lanjuti dengan perangkat desa setempat.

“Ya nanti akan ia tindak lanjuti ke vendor, berkaitan dengan pembuangan limbah tersebut,”pungkasnya.

Sementara itu, dari hasil pantauan awak media dilokasi pembuangan limbah, di situ terlihat beberapa gundukan limbah abu sisa dari pembakaran. (ry/st/Adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi